1. Baki
surat ( tray )
Alat ini berguna sebagai tempat dari berkas yang
ada, selain itu dapat berguna untuk berbagai jenis berkas menurut keperluannya.
2. Buku
agenda surat masuk dan surat keluar
Buku agenda ini harus disediakan jika
pengurusan surat menggunakan sistem buku agenda.
3. Kartu
kendali, lembar pengantar surat masuk, lembar pengantar surat rahasia
Peralatan ini harus disediakan jika
pengurusan surat menggunakan sistem kartu kendali. Peralatan ini digunakan
untuk mencatat data surat masuk dan surat keluar.
4. Secretaries
Desk file
Kumpulan map dengan kode, jenis
klasifikasipekerjaan sesuai dengan kelompok berkas yang ditangani.
5. Alat
Tulis
Contoh alat tulis antaralain,
pulpen,pensil, penggaris, kertas, catatan,stapler, dan penjepit kertas.
Kertas dengan kop surat atau kertas polos dan
amplop berbagai ukuran.
Depat berupa alat manual seperti pisau,
gunting atau yang elektrik dengan mesin pemuka surat.
8. Stempel
Stempel tanggal terima dan stempel
perusahaan.
9. Formulir
tanda terima atau buku ekspedisi
Formulir tenda terima digunakan pada
pola disentralisasi dan buku ekspedisi digunakan pada pola sentralisasi.
10. Lembar
Disposisi
Lembar isi ini untuk
mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari
surat yang diterima dari pihak lain. Lembar ini digunakan pada pola
sentralisasi. Pada pola disentralisasi,disposisi langsung pada suratnya.
3 komentar:
Nama Font tulisan ini apayah min?:D
nice blognya ;)
Asah terus skill mengarangmu,niscaya jago mengarang deh :-)
salam tuk penghuni AP1 SMKN 1 Kdwg
Posting Komentar